Cari Blog Ini

Senin, 07 Maret 2011

Belajar menerapkan HTML5 di blogger template | HTML5 tutorial

salam persahabatan
pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sahabat blogger untuk belajar bersama bagaimana menerapkan html5 di dalam template dan juga cara membuat template blogger sederhana bergaya html5.karena ini bisa mengurangi eror di w3c perlu di tegaskan bahwa <a href="http://hendro-prayitno.blogspot.com/2010/07/kubus-3d-yang-terpecah-buatan-bang.html">bang hendro masih punya banyak kelemahan jadi masih butuh dukungan dari sahabat blogger, di artikel ini saya akan berusaha menyampaikan dengan bahasa yang mudah2an di mengerti karena blog ini di tujukan untuk berbagi bukan hanya satu kaum, jadi belajar yang santai sebelum membaca postingan yang panjang ini silahkan bikin dulu segelas kopi, roti, dji sam soe hehehe jangan lupa bagi-bagi ke tetangga.

oke dah..sebelum di mulai mari kita baca kutipan dari wikipedia di bawah:
html5 adalah html masa depan untuk standar baru html,xhtml dan html dom versi lama html yang di mulai dari tahun 1999. html5 adalah satu bantuan kerjasama di antara world wide web consortium(w3c) dan web hypertext application technology working group (whatwg).
kesimpulannya bahwa html5 untuk masa depan dan dapat mengurangi eror di w3c sebelum memulai ini sobat harus ke situs 
http://validator.w3.org/ lalu ketikan url blog sobat di sana.setelah itu jangan keluar dulu dari sana kalau bisa di bookmark situsnya.(penting)

langkah awal:
untuk membuat template html5 di blogspot kita harus melakukan percobaan agar meyakinkan sobat bahwa html5 bisa mengurangi eror, langkahnya adalah sobat harus membuat blog baru di sini saya akan membuat serasi agar lebih mudah pembahasannya.
pilihlah template jason sutter(simpleii) di template layout blogspot yang lama (bukan yang klasik) biar ga bingung ada scrennya di bawah


Posted Image

Posted Image

setelah semua di save kembali ke edit template dan hapus yang di beri tanda biru dalam gambar dari atas sampai kode
<title><data:blog.pagetitle/></title>



ganti dengan markup di bawah:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8" ?>
<!doctype html>
<html>
<head>
<meta charset='utf-8'/>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<title><data:blog.pagetitle/></title>
lalu masukan kode di bawah tepat di atas </head>
<!--[if ie]>

        <script src="http://html5shiv.googlecode.com/svn/trunk/html5.js"></script><![endif]-->
<!--[if lte ie 7]>

        <script src="js/ie8.js" type="text/javascript"></script><![endif]-->
<!--[if lt ie 7]>

        <link rel="stylesheet" type="text/css" media="all" href="css/ie6.css"/><![endif]-->
agak kebawah sedikit masukan kode dibawah tepat di bawah </head> ini untuk menghilangkan navigasi bar agar mengurangi eror di w3c
<!-- <body><div></div> --> 
<====save template====> stop!!!! jangan terlalu banyak nanti pusing, buat navigasi bar kalau di suruh hapus, hapus saja jangan di keep widgetnya..terus dilihat hasilnya..kemudian pergi ke w3c dan lihat juga hasil erornya, bandingkan dengan yang sebelumnya, apakah berkurang?  eror di w3c untuk html5 di blogspot biasanya ada di gadget, navigasi bar, komentar image dan id ( oleh sebab itu saya ga pakai image di komentar) pengakhiran sintaks amp:. dan banyak lagi. ini hanya untuk halaman utama bukan sub halaman mudah2an untuk pharse berikutnya akan di bahas soalnya kalau di bahas semua bisa ga masuk di otak malah buyar, yang penting sedikit tapi berarti..bener ga sob? untuk tampilan ie jangan di lawan dulu ie emang tantangan banyak yang lagi ngakalin tuh browser, kalau saya bisa merekomendasi lebih baik pakai html5 dan css3 dari sekarang biar blogger indonesia tidak tertinggal. seperti terkaan blog ini tentang google cafeine akhirnya terbukti nah,,sekarang saya yakin html5 akan menjalar mengalahkan flash dan java.bagaimana menurut sobat?

1 komentar:

Lutfi A mengatakan...

aku mau ngasih saran, maaf niat aku bukan nyinnggung atau gimana < peace ! > lumayan susah baca entry nya ini... hehe :)

Posting Komentar